Salin Artikel

Update: Seluruh Kota Makassar Kini Digenangi Banjir

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto saat meninjau langsung kondisi banjir di Kota Makassar, Senin (13/2/2023).

Menurut Danny Pomanto, curah hujan yang sangat tinggi terjadi mulai pagi hingga siang ini yang mengakibatkan banjir hingga 1 meter. Dari data yang telah diterimanya, seluruh Kota Makassar sudah digenangi banjir.

"Banjir bukan hanya di beberapa titik saja, tapi sudah seluruh Kota Makassar. Ketinggian banjir sudah 1 meter karena curah hujan yang sangat tinggi," katanya.

Danny Pomanto meminta seluruh warga Kota Makassar tetap waspada, dimana banjir sudah menggenangi Kota Makassar setinggi 1 meter. Diperkirakan, pasang air laut akan terjadi pada sore hari.

Dia juga sudah menginstruksikan seluruh jajaran dari Lurah-Camat hingga OPD terkait agar siaga banjir.

"Para camat dan lurah segera turun lapangan bersama satgas untuk mengecek kondisi kinerja drainase pastikan tidak ada sumbatan dan segera bersama RT dan RW memantau semua masyarakat yang terkena dampak dan membutuhkan evakuasi," katanya.

Kepada OPD, tegas Danny Pomanto, sesegera menurunkan satgas drainase untuk mengecek dan menjaga kinerja drainase bersama alat berat dan craine jikalau pun harus mengangkat beton.

Sementara, untuk Dinas BPBD segera aktifkan pemantauan di WAR Room BPBD.

"Segera mempersiapkan kegiatan evakuasi jika dibutuhkan. Dinas Sosial segera mempersiapkan semua hal yang sudah menjadi standar penanganan bencana banjir," tegasnya.

Sedangkan, kepada OPD dan BUMD lainnya memberikan tugas perbantuan kedaruratan seperti standar sebelumnya.

Danny Pomanto juga mengimbau seluruh masyarakat menghindari berada di luar bangunan karena masih terjadi badai petir.

"Hindari pohon (tumbang), hindari tiang besi (listrik), dan jagai anakta semua. Selalu waspada dan tanggap serta selalu berdoa agar Kota Makassar senantiasa dilindungi dari bencana dan marabahaya, aamiin," harapnya.

https://makassar.kompas.com/read/2023/02/13/110918378/update-seluruh-kota-makassar-kini-digenangi-banjir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke