Salin Artikel

Bukan Korsleting, Kebakaran Pasar Sentral Makassar yang Hanguskan 931 Kios Disebabkan oleh "Open Flame"

Hal tersebut ditegaskan Kepala Polresta KPPP Pelabuhan Makassar, AKBP Yudi Frianto ketika dikonfirmasi, Kamis (9/2/2023). Dia mengaku baru saja mendapat hasil Labfor Polda Sulsel terkait kebakaran Pasar Sentral.

"Ada dua fakta terungkap dari hasil pemeriksaan Labfor Polda Sulsel. Pertama, awal mula api pertama kali muncul di kios nomor 39 yang merupakan penjualan kaos anak-anak milik Ibu Rospina. Kedua penyebab kebakaran karena open flame atau api terbuka," ungkapnya.

Yudi menjelaskan open flame atau api terbuka itu bisa dari puntung rokok, obat nyamuk, atau  sumber api yang lainnya. Namun tidak ditemukan adanya bahan kimia di lokasi kebakaran seperti bensin maupun bahan bakar lainnya.

"Jadi bukan karena korsleting, tapi api terbuka. Kita masih melakukan pendalaman terkait kebakaran tersebut. Di mana kita sudah periksa 18 orang saksi dan akan dilakukan penyelidikan lebih lanjut," jelasnya.

Saat itu api cepat membesar dan menjalar ke kios-kios yang terbuat dari bahan kayu dan seng. Selain itu, barang dagangan rata-rata terbuat dari bahan tekstil.

Warga sekitar yang melihat kobaran api berupaya melakukan pemadaman sambil menunggu armada Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar tiba di lokasi kejadian. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 21.28 Wita, setelah puluhan armada dikerahkan.

https://makassar.kompas.com/read/2023/02/09/130503378/bukan-korsleting-kebakaran-pasar-sentral-makassar-yang-hanguskan-931-kios

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke