Salin Artikel

Kebakaran Pasar Sentral Makassar, 3 Pemuda Curi Barang Dagangan Korban

Kepala Polresta KPPP Pelabuhan Makassar, AKBP Yudi Frianto yang dikonfirmasi, Rabu (28/12/2022) mengatakan, penyebab kebakaran Pasar Sentral Makassar masih belum diketahui.

"Dugaan awalnya belum tahu, nanti pada saat Labfor datang dan olah TKP (tempat kejadian perkara) baru kita tahu. Yang pasti kita akan lakukan penyelidikan dengan meminta keterangan saksi apa penyebabnya," katanya.

Yudi menyebut api pertama kali muncul sekitar pukul 18.30 Wita. Api dengan cepat menjalar ke kios di blok B itu karena angin berembus kencang.

"Api yang menjalar karena angin kencang dan bahan-bahan mudah terbakar seperti banyak kain, kemudian warung banyak sehingga ada tabung gas yang meledak," ungkapnya.

Yudi mengaku pihaknya telah berkoordinasi dengan PD Pasar Makassar Raya dan Satpol PP untuk mencegah aksi penjarahan.

"Tindakan kepolisian nantinya kita akan buka satu pintu kemudian pasang tenda kordinasi dengan Satpol PP agar besok masyarakat yang akan masuk bisa diketahui oleh kami dan tidak ada penjarahan," jelasnya.

Pelaku berinisial yang R (16), PP (16) dan RP (18) melancarkan aksinya di tengah kepanikan para penjual yang kiosnya hangus terbakar dan berusaha menyelamatkan barang dagangannya.

"Mereka mengambil tembaga dan tas. Pelaku ada tiga orang yang kita amankan. Mereka terlihat di dalam kios pedagang kemudian diamankan," ujarnya.

Sebelumnya telah diberitakan, sebanyak 931 kios di Blok B Selatan Pasar Sentral hangus terbakar, Selasa (27/12/2022) sekitar pukul 19.00 Wita. Terbakarnya Pasar Sentral ini saat hujan deras mengguyur Kota Makassar.

Belum diketahui pasti penyebab kebakaran. Namun api cepat membesar dan menjalar ke kios-kios yang berjejer. Api cepat membesar dan menjalar, karena kios terbuat dari bahan kayu dan seng serta dagangan pedagang rata-rata terbuat dari bahan tekstil.

Warga sekitar yang melihat kobaran api berupaya melakukan pemadaman sambil menunggu armada Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar tiba di lokasi kejadian. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 21.28 Wita, setelah puluhan armada dikerahkan.

Deretan kios pedagang yang terbakar ini berada di luar gedung. Deretan kios pedagang ini merupakan tempat darurat dibuat oleh pemerintah setelah Pasar Sentral terbakar pada 2014 lalu dan kini telah dibangun dengan gedung yang lebih megah.

https://makassar.kompas.com/read/2022/12/28/160424378/kebakaran-pasar-sentral-makassar-3-pemuda-curi-barang-dagangan-korban

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke