Salin Artikel

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Buruk di Sulsel hingga Natal

Plh Kepala BMKG Wilayah IV Makassar, Kamal A dalam keterangan resminya yang diterima, Rabu (21/12/2022) mengatakan, monitoring perkembangan dinamika atmosfer terkini menunjukkan indikasi adanya potensi peningkatan curah hujan di wilayah Sulawesi Selatan.

"Peringatan dini Kabupaten Pinrang, Soppeng, Barru, Pangkajene dan Kepulauan, Maros, Gowa, Takalar, Jeneponto dan Kepulauan Selayar, Kota Makassar dan Kota Parepare," ungkapnya.

Analisis model cuaca menunjukkan kelembapan udara lapisan atas hingga ketinggian 500 mb dalam kondisi basah (70-100 persen).

Selanjutny,a diperkirakan terjadi perlambatan arus angin (konfluensi) di Selat Makassar bagian selatan, menyebabkan penumpukan massa udara yang mendukung pertumbuhan awan hujan dan bergerak ke wilayah Sulawesi Selatan.

"Terdapat kemungkinan potensi banjir rob di pesisir barat Sulawesi Selatan, karena bertepatan dengan fase pasang maksimum," katanya.

Kamal mengungkapkan, prakiraan tanggal 23-25 Desember 2022, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di wilayah Sulawesi Selatan bagian barat meliputi Kabupaten Pinrang, Barru, Pangkajene dan Kepulauan, Maros, Takalar, Kota Makassar dan Parepare.

Sedangkan untuk wilayah Sulawesi Selatan bagian tengah meliputi Kabupaten Soppeng, Gowa. Wilayah Sulawesi Selatan bagian selatan meliputi Kabupaten Jeneponto dan Kepulauan Selayar.

"Selain itu, potensi angin kencang di pesisir barat dan selatan Sulawesi Selatan," ungkapnya.

Kamal mengimbau masyarakat agar mewaspadai gelombang tinggi di perairan sekitar Sulawesi Selatan. Gelombang dengan kategori Sedang (Gel. 1,252,5 m) terjadi di Perairan Spermonde Pangkep, Perairan Spermonde Makassar, Teluk Bone bagian Utara, Laut Flores bagian Utara, dan Laut Flores bagian Timur.

Gelombang dengan kategori Tinggi (Gel. 2,5 4,0 m) terjadi di Perairan Pare-pare, Perairan Spermonde Pangkep bagian Barat, Perairan Spermonde Makassar bagian Barat, Teluk Bone bagian Selatan, Perairan Pulau Bonerate - Pulau Kalaotoa bagian Utara, dan Perairan Pulau Bonerate - Pulau Kalaotoa bagian Selatan.

"Gelombang dengan kategori Sangat Tinggi (Gel. 4,0-6,0 m) terjadi di Selat Makassar bagian Selatan, Perairan Barat Kepulauan Selayar, Perairan Kepulauan Sabalana, Perairan Timur Kepulauan Selayar, dan Laut Flores bagian Barat," jelasnya.

Menyikapi kondisi di atas, lanjut Kamal, diharapkan para pemangku kepentingan dan seluruh masyarakat dapat meningkatkan kesiap siagaan terhadap potensi terjadinya bencana hidrometeorologi.

"Dampak tersebut antara lain banjir/genangan, banjir bandang, banjir rob, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, dan keterlambatan jadwal penerbangan/pelayaran," paparnya.

https://makassar.kompas.com/read/2022/12/21/220523578/bmkg-keluarkan-peringatan-dini-cuaca-buruk-di-sulsel-hingga-natal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke