Salin Artikel

Longsor, 879 Warga Desa Lappangeng Kabupaten Sidrap Terisolasi

"Jalan penghubung di empat dusun, yakni Dusun Wala-wala, Lumpingan, Langke, dan Dusun Rante rusak dan tertimbun longsor," kata Kepala BPBD Kabupaten Sidrap, Sudirman, Selasa (6/9/2022).

Akibat longsor, jalan penghubung empat dusun itu tak bisa dilalui kendraan roda dua ataupun roda empat. Warga yang melintas dengan motor, harus berjibaku dengan lumpur dan harus digotong oleh warga lainya.

BPBD Sidrap mencatat sekitar 879 jiwa warga desa Lappangeng terisolasi. Lumpur yang menutup jalan diperkirakan ketebalan di atas satu meter.

"Lumpur yang menutup jalan 1 meter hingga 4 meter. Warga pun harus menggotong motor jika hendak melalui jalan desa yang tertimbun material longsor," ujar Sudirman.

Petugas BPBD Sidrap, dibantu TNI/Polri telah menembus ke empat dusun yang terisolasi itu dengan berjalan kaki puluhan kilometer. Petugas pun telah melakukan pendataan dan akan segera mengirim bantuan.

"Kita mengutus sejumlah anggota termasuk personel polsek setempat untuk membantu warga di desa terdampak. Dari hasil koordinasi kami dari Pemkab Sidrap, tim alat berat akan rencananya meluncur ke lokasi bencana," terang Kapolres Sidrap, AKBP Erwin Syah.

https://makassar.kompas.com/read/2022/09/06/124024478/longsor-879-warga-desa-lappangeng-kabupaten-sidrap-terisolasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke