Salin Artikel

Hidangan Tradisional Bugis Makassar Jadi Penghilang Lelah Peserta Upacara di Pinrang

"Dalam rangka memperingati perayaan HUT Ke-77 RI, kita tim penggerak PKK Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang, bersama warga menyajikan puluhan menu makanan dan minuman khas Bugis Makassar dan makanan tradisional Nusantara lainnya kepada peserta upacara," terang Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Duampanua, Andi Nila Indah Sari, Rabu (17/8/2022).

Sajian makanan tradisional yang digelar di kompleks SD Negeri 46 Duampanua itu pun diserbu peserta upacara, termasuk warga sekitar.

"Panganan tradisional yang tersaji saat ini bersumber dari swadaya masyakarat Kecamatan Duampanua. Ini bentuk sumbangsih masyarakat Duampanua untuk memeriahkan HUT RI, saat seperti para pejuang berjuang merebut kemerdekaan, masyarakat yang menyiapkan makanan tiap harinya," Kata Andi Nila.

Makanan dan kue tradisional yang disajikan di antaranya seperti nasi yang dimasak dengan buah pisang muda, Kapurung, Nasu Palekko, Jepa, Sokko, Jalangkote, nasi tumpeng, serta menu makanan tradisional khas Nusantara.

Sementara kue trasional yang dibawa warga ada Doko Doko, Sawalla, Putu, Onde-onde, dan beberapa jenis kue tradisional khas Bugis-Makassar .

"Warga berinisiatif menyuguhkan makanan dan kue tradisional untuk peserta upacara, sebagai bentuk syukur memperingati HUT Ke-77 RI. Uniknya makanan dan kue tradisional disajikan juga secara tradisional, seperti menggunakan daun pisang, Piring yang terbuat dari anyaman Rotan, bahkan ada yang menggunakan tempurung kelapa sebagai wadah tempat makanan dan kue tradisional itu," terang Andi Ikbal, Camat Duampanua.

Menu yang dipilih, kata Ikbal, adalah makanan dan kue tradisional yang selama ini mulai dilupakan.

"Untuk mengingatkan generasi muda, bahwa Indonesia, dan termasuk Kabupaten Pinrang kaya akan kuliner, yang sehat terbebas dari bahan pengawet, sehingga generasi muda, tidak hanya memilih makanan modern," terang Ikbal.

https://makassar.kompas.com/read/2022/08/18/151059778/hidangan-tradisional-bugis-makassar-jadi-penghilang-lelah-peserta-upacara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke