Salin Artikel

Akses Jalan Trans Palopo-Toraja Utara Dibuka Pasca-longsor, Buka Tutup Jalur Diberlakukan

PALOPO, KOMPAS.com – Longsor yang memutus Jalan Trans Palopo-Toraja Utara, di Kilometer 10, Kelurahan Battang, Kecamatan Wara Barat, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, sejak Minggu (12/6/2022) sore hingga Senin (13/6/2022) malam berhasil dibuka.

Koordinator Lapangan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN), Baso Mujahid mengatakan, pembersihan material longsor menggunakan 2 unit alat berat yakni 1 unit dari BBPJN dan 1 unit dari pihak swasta.

“Syukurlah cuaca bersahabat hari ini sehingga jalur bisa terbuka, sebelumnya pengerjaan sempat terkendala dengan cuaca hujan,” kata Mujahid, saat dikonfirmasi di lokasi, pada Senin.

Mujahid mengimbau kepada warga khusunya pengendara agar berhati-hati dan waspada dengan longsor susulan yang berpotensi terjadi.

“Jadi, kami imbau kepada pengendara agar mengetahui titik-titik rawan longsor dan berhati-hati saat melintas karena potensi longsor rawan terjadi,” ucap Mujahid.

Kapolsek Wara, Kompol Deni Ratmodiharjo mengatakan, meski jalur sudah terbuka setelah material longsor dibersihkan dan kendaraan sudah melintas, namun sistem buka tutup diberlakukan di lokasi.

“Kami berlakukan sistem buka tutup persepuluh kendaraan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, apalagi kondisinya sudah malam,” ujar Deni.

Sebelumnya diberitakan, longsor menutup Jalan Trans Sulawesi Poros Palopo–Toraja di Kilometer 10, Kelurahan Battang, Kecamatan Wara Barat, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Minggu (12/6/2022) petang.

Material longsor dari tebing setinggi 30 meter menutupi jalan sepanjang 40 meter, membuat arus lalu lintas lumpuh total.

https://makassar.kompas.com/read/2022/06/13/224114478/akses-jalan-trans-palopo-toraja-utara-dibuka-pasca-longsor-buka-tutup-jalur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke