Salin Artikel

64 Orang Demonstran 11 April di Makassar Ditangkap, 9 Orang Terindentifikasi Narkoba

Hal tersebut diungkapkan Kasubag Humas Polrestabes Makassar, AKP Lando KS ketika dikonfirmasi, Selasa (12/4/2022).

Dari 64 orang yang ditangkap, 41 orang berstatus mahasiswa. Sedangkan 7 orang lainnya merupakan pelajar dan sisanya 16 orang merupakan masyarakat umum.

"64 orang yang ditangkap masih dalam pemeriksaan oleh penyidik Polrestabes Makassar. Belum ada yang ditetapkan sebagai tersangka, karena masih terus diperiksa hingga batas waktunya sebentar malam," katanya.

Lando mengungkapkan, dari 64 orang yang ditangkap dan dilakukan tes urine, sebanyak 9 orang terindentifikasi narkoba. Meski begitu, 9 orang tersebut masih terus dalam pemeriksaan di Laboratorium Forensik (Labfor).

"Ada 9 orang terindikasi menggunakan narkoba, setelah dilakukan tes urine. Tapi masih dalam pemeriksaan lebih lanjut di Labfor," terangnya.

Lando menegaskan, ada 3 orang di antaranya yang tertangkap membawa panah atau busur saat bentrokan terjadi antara pendemo dengan kepolisian.

"3 orang kedapatan bawa busur. Masih penyelidikan lanjut dan kalau sudah cukup bukti, akan diproses hukum," tegasnya.

Lando menambahkan, sebagian lagi pendemo yang ditangkap telah dipulangkan setelah dilakukan pemeriksaan. Namun dari hasil pemeriksaan tidak cukup bukti melakukan tindak pidana, selanjutnya dibebaskan.

"Ada sebagian dipulangkan, tapi dibuatkan pernyataan dan diberikan nasehat agar tidak melakukan perbuatan melanggar hukum. Bahkan mereka diwajib lapor dan di cek di kampusnya apakah benar atau tidak dia sebagai mahasiswa," tambahnya.

Sebelumnya telah diberitakan, aksi demonstrasi aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Seluruh Indonesia (SI) 11 April 2022 berakhir bentrok dengan aparat kepolisian. Bentrokan pun terjadi sejak Senin sore hingga Selasa dinihari.

Bentrokan antara mahasiswa dengan polisi terjadi dibeberapa titik lokasi yakni Jl Urip Sukoharjo, Jl AP Pettarani, Jl Sultan Alauddin, Jl Abu bakar Lambogo. Akibatnya, aktifitas di Kota Makassar lumpuh.

Adapun 6 tuntutan pendemo 11 April 2022 yakni, wujudkan sembako murah, turunkan harga BBM, turunkan PPN, tolak pemindahan IKN, pulihkan ekonomi rakyat Indonesia, dan tolak perpanjangan atau penambahan masa jabatan presiden menjadi 3 periode.

https://makassar.kompas.com/read/2022/04/12/230625878/64-orang-demonstran-11-april-di-makassar-ditangkap-9-orang-terindentifikasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke