Salin Artikel

41 Demonstran 11 April Diamankan, 16 Orang Pengangguran dan 7 Orang Pelajar

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Polisi Komang Suartana yang dikonfirmasi, Selasa (2/4/2022) mengatakan, 41 orang pendemo berujung bentrok diamankan dan dimintai keterangannya.

Sebanyak 41 orang demonstran tersebut bukan semuanya dari kalangan mahasiswa, melainkan masyarakat umum dan pelajar.

"Ke-41 orang pendemo diamankan dan menjalani pemeriksaan di Polrestabes Makassar. Dari 41 orang itu, 16 orang pengangguran dan 7 orang pelajar. Mungkin ada yang dipulangkan setelah dimintai keterangannya, jika tidak terbukti melakukan tindak pidana," ujarnya.

Komang menegaskan, jika aksi demonstrasi 11 April kemarin yang direncanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Seluruh Indonesia (SI) tidak semuanya mahasiswa. Tetapi ada dari kalangan masyarakat dan pelajar.

"Jadi demo kemarin itu sudah bercampur, apalagi ada kelompok penyusup yang sengaja memicu terjadinya kericuhan" bebernya.

Saat ditanya jumlah anggota polisi yang terluka, Komang menungkapkan jika hanya 1 orang terkena panah. Panah yang menancap di kaki nya pun telah dicabut.

"Anggota yang terkena panah saat melakukan aksi demonstrasi, kondisinya mulai membaik. ini lagi mau di besuk oleh Kapolda Sulsel di rumah sakit Bhayangkara," tambahnya.

Sebelumnya telah diberitakan, aksi demonstrasi aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Seluruh Indonesia (SI) 11 April 2022 berakhir bentrok dengan aparat kepolisian. Bentrokan pun terjadi sejak Senin sore hingga Selasa dinihari.

Bentrokan antara mahasiswa dengan polisi terjadi dibeberapa titik lokasi yakni Jl Urip Sukoharjo, Jl AP Pettarani, Jl Sultan Alauddin, Jl Abu bakar Lambogo. Akibatnya, aktifitas di Kota Makassar lumpuh.

Adapun 6 tuntutan pendemo 11 April 2022 yakni, wujudkan sembako murah, turunkan harga BBM, turunkan PPN, tolak pemindahan IKN, pulihkan ekonomi rakyat Indonesia, dan tolak perpanjangan atau penambahan masa jabatan presiden menjadi 3 periode.

https://makassar.kompas.com/read/2022/04/12/184709978/41-demonstran-11-april-diamankan-16-orang-pengangguran-dan-7-orang-pelajar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke