Salin Artikel

Siaran TV Analog di Sulsel Dimatikan pada 30 April 2022, Ada STB Gratis untuk Warga Miskin

Setelah tanggal itu, warga Sulawesi Selatan hanya bisa menonton siaran televisi secara digital.

Semua jenis televisi masih bisa digunakan untuk menangkap siaran digital.

Namun, untuk televisi analog memerlukan set top box (STB) agar bisa menayangkan siaran digital.

Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Sulawesi Selatan Muhammad Hasrul Hasan mengatakan, akan ada pembagian STB secara gratis untuk warga yang dianggap tidak mampu.

Belum disebutkan waktu pembagian perangkat itu akan dilakukan. Hasrul hanya menyatakan masih menunggu data warga miskin dari Kementerian Sosial.

"Masyarakat tidak perlu panik yang terdata, karena STB akan dikirim dari kantor pos ke rumah masing-masing bagi warga yang dianggap kurang mampu," kata Hasrul saat dihubungi, Kamis (24/3/2022).

Selain dari pemerintah, penyelenggara multipleksing (MUX) juga bakal membagikan STB secara cuma-cuma kepada masyarakat lewat mekanisme corporate social responsibility.

Sedangkan untuk warga mampu tapi masih menggunakan televisi analog, bisa membeli STB di toko elektronik.


Menurut Hasrul, perangkat itu dijual dengan harga berkisar Rp 200.000 sampai Rp 300.000.

"Biar STB-nya awet, diimbau masyarakat agar membeli barang yang tertera SNI atau standar dari Kementerian Kominfo. Ada logo-logo di alat yang tersertifikasi, agar masyarakat tidak salah membeli. Takutnya nanti baru beberapa hari sudah dibeli, STB sudah rusak,” imbaunya.

Hasrul juga menyatakan peralihan ke siaran televisi digital ini sudah disosialisasikan ke masyarakat.

KPID Sulawesi Selatan bahkan sampai menggandeng tokoh agama untuk menyampaikan soal akan ada penghentian siaran televisi analog.

“Nantinya para ulama ini yang akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat selama bulan Ramadhan. Selain itu, Kita juga menyiapkan khotbah serentak atau khotbat seragam Jumat di tanggal 1 April mendatang yang akan dibacakan di seluruh mesjid di Sulsel,” ungkapnya.

Sebagai informasi, di Sulawesi Selatan ada tiga siaran televisi yakni Metro TV, TVRI dan RCTI yang dipercaya oleh pemerintah sebagai penyelenggara MUX.

“Sementara tv lokal di Sulsel, sudah tahap perjanjian kerjasama dengan penyelenggara MUX. Ada tv lokal yakni Celebes TV, Fajar TV dan Ve Channel. Mereka sisa memilih bekerjas ama dengan penyelenggara MUX yang mana. Tapi semua sudah siap dan di Sulsel sudah siap pada tahap pertama,” katanya.

Persiapan tahap pertama ini, rinci Hasrul, mencakup Kota Makassar, Kabupaten Maros, Pangkep, Gowa, Takalar dan Jeneponto.

Sedangkan untuk tahap kedua yakni Kabupaten Bone, Wajo, Soppeng, Luwu dan sekitarnya. Untuk tahap ketiga yakni Kota Parepare, Kabupaten Sidrap, Pinrang, Enrekang, dan Barru (Ajatappareng).

https://makassar.kompas.com/read/2022/03/25/055659978/siaran-tv-analog-di-sulsel-dimatikan-pada-30-april-2022-ada-stb-gratis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke