Salin Artikel

Trauma, Murid SD yang Dihukum Oknum Guru Makan Sampah Tak Mau Sekolah

KOMPAS.com - Akibat dihukum makan plastik ole oknum guru berinisial MS, sejumlah murid SDN 50 Buton, Sulawesi Tenggara, trauma berangkat sekolah.

“Tak mau ke sekolah, gurunya jahat. Ada 16 orang dikasih makan. Suruh kasih masuk dalam mulut,” kata DS, salah satu korban ketika ditemui di rumahnya, Rabu (24/1/2022).

Menurut cerita DS, peristiwa itu terjadi ketika MS sedang mengajar di kelas IV.

Lalu, MS tiba-tiba masuk ke kelas III dan meminta DS serta teman-temanya tidak membuat gaduh.

Saat itu, kata DS, guru kelas III memang belum datang untuk mengajar.

MS saat itu sempat kembali mengajar di kelas IV. Namun karena suasana kelas III masih ribut, MS kembali datang dan menghukum para siswa kelas III.

Sementara itu, orangtua DS Florentinus Leda menyayangkan tindakan guru MS. Pasalnya, anaknya menjadi trauma dan tidak mau sekolah.

“Sangat menyesalkan, kenapa ada guru seperti itu. Seharusnya guru itu mendidik,” katanya.

Florentinus pun berencana akan melaporkan oknum guru itu ke Polres Buton.
Penjelasan sekolah

Sementara itu, pihak perwalian guru SDN 50 Buton Musrianto membenarkan adanya kejadian itu. Menurutnya, usai kejadian tersebut oknum guru tersebut sudah ditegur.

“Kami sudah menegur kepada yang bersangkutan, di situ saat ada mediasi, bahwa guru yang bersangkutan khilaf dan menyesal melakukan itu dan merasa bersalah dengan tindakan yang dilakukan dan berjanjian tidak akan mengulanginya lagi,” kata Musrianto.


Seperti diberitakan sebelumnya, dilansir dari TribunSultra.com, Kapolres Buton AKBP Gunarko mengaku telah menerima laporan salah satu orangtua siswa.

Saat ini, lanjutnya, pihaknya sedang melakukan penyelidikan, penyidik akan memanggil pihak yang terkait kejadian itu.

"Lalu kita tentukan unsur pidananya. Tapi kita harapkan dapat diselesaikan secara kekeluargaan dan menjadi pembelajaran untuk semuanya," kata Gunarko, Kamis (27/1/2022) dikutip dari TribunSultra.com.

(Penulis : Kontributor Baubau, Defriatno Neke | Editor : Ardi Priyatno Utomo)/TribunSultra.com

https://makassar.kompas.com/read/2022/01/28/050000678/trauma-murid-sd-yang-dihukum-oknum-guru-makan-sampah-tak-mau-sekolah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke