Salin Artikel

Cerita Sang Ayah Tegur Asnawi Usai Pertandingan Lawan Singapura: Apa Motivasimu Seperti Itu?

Setelah pertandingan antara Indonesia melawan Singapura itu, Bahar langsung menelepon Asnawi.

"Saya tanyakan, apa motivasimu melakukan hal seperti itu?" kata Bahar ketika dikonfirmasi, Rabu (29/12/2021).

Asisten Pelatih PSM Makassar itu menyebut, Asnawi melakukan tindakan yang seolah mengolok itu karena berpikir penalti yang didapat Singapura tidak wajar. Bahar pun mengingatkan anaknya, bahwa itu merupakan pendapat Asnawi.

"Kedua, Asnawi merasa senang karena tendangan penaltinya tidak masuk,” ungkapnya.

Bahar juga sempat menanyakan apa yang disampaikan Asnawi kepada Faris Ramli. Bahar menyebut, Asnawi mengucapkan terima kasih.

"Asnawi datang ke hadapan Paris Ramli secara baik-baik dan mengucapkan terima kasih, karena tendangan pinaltinya tidak masuk. Asnawi juga bersujud di depannya itu,” jelas pemain PSM era 1980 hingga 1990-an itu.

Teguran untuk Asnawi

Bahar mengingatkan Asnawi, tindakan itu tidak mencerminkan sportivitas. Ia pun menegur pemain yang kini merumput bersama tim Liga 2 Korea Ansan Greeners itu.

“Jadi saya bilang, biar kau datang baik-baik apalagi datang tersenyum. Itu kau datang kepada dia, tidak seperti orang menangis atau bersedih. Kalau pribadimu mengatakan tidak ada ejekan, hanya kamu dan Allah yang tahu (hamblum minallah)." kata Bahar.

"Tapi hablum minannas (hubungan dengan manusia) ini yang tidak bagus. Ekspresi wajahmu itu menandakan mengejek dia,” tegurnya.


Bahar mengingatkan Asnawi bahwa tindakan itu tidak baik. Ia memperingatkan Asnawi untuk tidak mengulangi tindakan itu.

“Itu tidak bagus nak, itu saya katakan. Saya ingatkan kau nak, pertama dan terakhir kau lakukan seperti itu. Saya sampaikan begitu dan nasihati anakku, wajarlah saya orang tuanya,” jelas Bahar.

Aksi Asnawi Mangkualam setelah pemain Singapura, Faris Ramli, gagal mengeksekusi penalti menjadi sorotan publik.

Asnawi berlari ke depan Faris Ramli dan mengucapkan sesuatu. Salah satu pemain Singapura sampai memisahkan Asnawi dari Faris Ramli.

Pelatih Indonesia Shin Tae-yong juga telah menegur Asnawi. Shin Tae-yong mengancam, jika tindakan seperti itu kembali terjadi, Asnawi tak akan dipanggil lagi ke Timnas Indonesia.

(KOMPAS.com/Kontributor Makassar, Hendra Cipto)

https://makassar.kompas.com/read/2021/12/29/133814278/cerita-sang-ayah-tegur-asnawi-usai-pertandingan-lawan-singapura-apa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke