Salin Artikel

Terungkap, Ini Perkataan Asnawi kepada Pemain Singapura yang Gagal Eksekusi Penalti

Teguran itu disampaikan Bahar setelah melihat gestur Asnawi yang diduga mengolok pemain Singapura, Faris Ramli, yang gagal melakukan tendangan penalti di menit-menit akhir pertandingan.

Bahar yang merupakan pemain Persatuan Sepakbola Makassar (PSM) era 1980 hingga 1990-an itu langsung menelepon Asnawi setelah pertandingan usai.

Bahar risih melihat kelakuan anaknya yang seolah mengolok-olok Faris Ramli.

”Setelah main, saya langsung telepon Asnawi. Saya tanyakan, apa motivasimu melakukan hal seperti itu,” kata Bahar ketika dikonfirmasi, Rabu (29/12/2021).

Bahar yang kini menjadi asisten pelatih tim PSM Makassar ini menambahkan, Asnawi menilai penalti yang didapat Singapura itu tidak wajar. Bahar mengingatkan, hal itu merupakan pendapat pribadi Asnawi.

Selain itu, Asnawi melakukan tindakan itu karena gembira tendangan itu tak berbuah gol.

“Asnawi mengatakan, pertama pinalti itu tidak wajar. Jadi saya langsung balas, bahwa itu menurut kamu,” ungkapnya.

“Asnawi datang ke hadapan Faris Ramli secara baik-baik dan mengucapkan terima kasih, karena tendangan penaltinya tidak masuk. Asnawi juga bersujud di depannya itu,” kata Bahar.


Tegur anaknya

Meski begitu, Bahar tetap menegur Asnawi karena tindakan itu dinilai tidak mencerminkan sportivitas.

“Jadi saya bilang, biar kau datang baik-baik apalagi datang tersenyum. Itu kau datang kepada dia, tidak seperti orang menangis atau bersedih. Kalau pribadimu mengatakan tidak ada ejekan, hanya kamu dan Allah yang tahu (hamblum minallah)," kata Bahar.

"Tapi hablum minannas (hubungan antarmanusia) nya ini yang tidak bagus. Ekspresi wajahmu itu, menandakan mengejek dia,” katanya.

Bahar juga menegur anaknya itu dan mengingatkan tindakan itu tidak baik. Ia meminta Asnawi tak mengulangi tindakannya.

“'Itu tidak bagus nak, itu saya katakan. Saya ingatkan kau nak, pertama dan terakhir kau lakukan seperti itu.' Saya sampaikan begitu dan nasihati anakku, wajarlah saya orangtuanya,” jelas Bahar.

Aksi Asnawi Mangkualam setelah pemain Singapura, Faris Ramli, gagal mengeksekusi penalti menjadi sorotan publik.

Asnawi berlari ke depan Faris Ramli dan mengucapkan sesuatu. Salah satu pemain Singapura sampai memisahkan Asnawi dari Faris Ramli.

Pelatih Indonesia Shin Tae-yong juga telah menegur Asnawi. Shin Tae-yong mengancam, jika tindakan seperti itu kembali terjadi, Asnawi tak akan dipanggil lagi ke Timnas Indonesia.

https://makassar.kompas.com/read/2021/12/29/131440978/terungkap-ini-perkataan-asnawi-kepada-pemain-singapura-yang-gagal-eksekusi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke