Salin Artikel

Makassar Banjir Setinggi 1 Meter Lebih, 6.102 Warga Terpaksa Mengungsi

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto yang dikonfirmasi, Kamis (9/12/2021) mengatakan, 6.102 warga yang terpaksa mengungsi disiapkan tempat pengungsian dan disiapkan kebutuhan makanan.

Danny Pomanto merinci, banjir yang melanda Kota Makassar terjadi di 6 kecamatan yakni Biringkanaya, Manggala, Tamalanrea, Panakukang, Tamalate, dan Rappocini.

Warga mulai mengungsi sejak Selasa (7/12/2021) sebanyak 3.206 orang dari 34 titik pengungsian. Pengungsi terus bertambah pada Rabu (8/12/2021) sebanyak 4.809 orang dari 55 titik pengungsian.

“Hingga Kamis (6/12/2021), tercatat sebanyak 6.102 orang yang mengungsi dari 58 titik pengungsian. Seluruh pengungsi difasilitasi dan disiapkan makanan. Mudah-mudahan banjir di Makassar sudah surut dan warga bisa kembali ke rumahnya masing-masing,” kata dia.

Saat ditanya penyebab banjir di Kota Makassar, Danny Pomanto menjelaskan bahwa curah hujan yang tinggi selama 3 hari dan disertai dengan pasangnya air laut. Selain itu juga, terdapat air kiriman dari kabupaten dekat dengan Kota Makassar.

“Selain curah hujan yang tinggi dan pasangnya air laut, banjir ini juga diduga disebabkan air kiriman. Karena sejak Rabu kemarin sudah tidak hujan, tapi air terus naik di  pemukiman warga. Tapi mudah-mudahan banjir ini segera surut dan seluruh pengungsi bisa kembali ke rumahnya masing-masing,” paparnya.

Terkait dengan kebutuhan pengungsi selain makanan, Danny Pomanto juga mengungkapkan jika ada kebutuhan lainnya yang dibutuhkan warga berupa Susu bayi, popok, minyak kayu putih, minyak gosok dan selimut.

“Saya sudah perintahkan bawa makanan yang siap makan bukan siap masak. Karena tidak ada waktu untuk masak sekarang. Kita tidak bikin dapur umum tapi kita gilir langsung makanan siap,” tambahnya.

Sebelumnya telah diberitakan, selama tiga hari diguyur hujan lebat sejak Minggu (5/12/2021) hingga Selasa (7/12/2021),

Kota Makassar dilanda banjir hingga ketinggian 1 meter di jalan raya maupun di kawasan pemukiman penduduk. Bahkan, waduk hingga kanal yang berada di tengah kota meluap.

https://makassar.kompas.com/read/2021/12/09/175726978/makassar-banjir-setinggi-1-meter-lebih-6102-warga-terpaksa-mengungsi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke