Salin Artikel

Jokowi Sebut Kolam Regulasi Nipa-nipa Bisa Atasi Banjir di Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.com– Presiden Joko Widodo meresmikan kolam regulasi Nipa-nipa yang terletak di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Kamis (18/3/2021).

Kolam regulasi ini dibangun di lahan seluas 83,93 hektar di Desa Moncongloe Lappara, Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros dan Desa Jenemadinging (Nipa-nipa), Kecamatan Pattalassang, Kabupaten Gowa.

Presiden Jokowi dalam sambutannya mengungkapkan, kolam regulasi Nipa-nipa dapat menampung sekitar 2,7 juta meter kubik air.

Sehingga kolam regulasi ini bisa mengatasi permasalahan banjir di Kota Makassar.

“Kita resmikan dan kita operasikan karena telah selesai dibangun selama lima tahun. Ini adalah kolam pengaturan air, terutama pengaturan banjir dan genangan yang ada di Makassar,” ungkapnya, Kamis.

Kolam regulasi Nipa-Nipa ini dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Direktorat Jenderal Sumber Daya Air BBWS Pompengan Jeneberang SNVT PJSA Pompengan Jeneberang yang dimulai pada tahun akhir 2015.

Pembangunan kolam regulasi ini menelan anggaran sekitar Rp 321,8 miliar yang bersumber dari APBN.

Jokowi berharap kolam regulasi Nipa-nipa ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan daya dukung dan kemajuan di Sulawesi Selatan.

“Kolam ini sangat luas sekali, hampir mirip waduk dan tampungannya 2,7 juta meter kubik. Sehingga ini bisa mengurangi banjir dari sebelumnya sekitar 45 persen,” bebernya. 

https://makassar.kompas.com/read/2021/03/18/211300378/jokowi-sebut-kolam-regulasi-nipa-nipa-bisa-atasi-banjir-di-makassar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke