Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan Umumkan Dirinya Positif Covid-19

Kompas.com - 27/03/2020, 17:23 WIB
Himawan,
Khairina

Tim Redaksi

 

MAKASSAR, KOMPAS.com - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan dr. Ichsan Mustari mengumumkan bahwa dirinya positif virus corona alias Covid-19.

Ichsan mengatakan, dirinya positif virus corona meski tidak memiliki gejala demam, batuk dan sesak napas. 

Dia diketahui positif virus corona setelah hasil pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk diagnosis Covid-19 keluar. 

"Berdasarkan perimbangan dokter terkait kondisi saya tadi yang tidak bergejala maka ditetapkan untuk saya isolasi mandiri di rumah," kata Ichsan saat melakukan video konferensi, Jumat (27/3/2020) di Makassar

Baca juga: Jika Makassar Lockdown, Pemkot Sudah Siapkan Komunitas Pembagi Logistik

Ichsan pun menyampaikan permohonan maaf dan meminta para keluarga, kerabat, serta staf di lingkup pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk tidak panik. 

Mantan ketua Ikatan Dokter Indonesia Sulawesi Selatan ini juga menyarankan kepada orang yang pernah kontak dengannya untuk melakukan physical distancing serta berperilaku hidup bersih dan sehat. 

"Dan dalam masa waktu 14 hari seandainya timbul gejala maka sebaiknya para sahabat sahabat sekalian untuk melakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan terdekat," ujar Ichsan. 

Ichsan pun berharap penyebaran wabah virus corona di Indonesia khususnya di Sulawesi Selatan bisa segera berakhir. 

Juru bicara tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 di Sulsel ini juga meminta rekan-rekannya untuk tetap bersemangat dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 ini. 

"Insya Allah Allah selalu meridhoi upaya yang kita lakukan bersama. Mari berdoa kepada Allah SWT agar Covid ini cepat berhenti khususnya di Sulsel," tutur Ichsan.

Baca juga: Jenazah PDP Covid-19 Dicium Keluarga, Pemkot Makassar Waspadai Pendatang dari Kolaka

Sebelumnya pada Kamis (26/3/2020) malam, Ichsan masih sempat melakukan telekonferensi kepada awak media untuk menyampaikan jumlah pasien positif virus corona di Sulawesi Selatan.

Dalam kesempatan itu, Ichsan turut mengungkapkan sejumlah langkah yang diambil pemerintah saat ini dalam menghadapi penyebaran virus corona.

Untuk data pasien positif virus corona di Sulawesi Selatan pada Jumat (27/3/2020), ada penambahan 2 orang sehingga total pasien positif virus corona menjadi 29.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com