Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasien Positif Corona di Sulsel Jadi 27, 3 Orang Meninggal Dunia

Kompas.com - 26/03/2020, 23:36 WIB
Himawan,
Dony Aprian

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Berdasarkan data Tim Sulsel Tanggap Covid-19, total pasien positif corona sebanyak 27 orang, di mana 14 orang baru bertambah hari ini.

Kepala Dinas Kesehatan Sulsel Ichsan Mustari mengatakan, 27 pasien positif corona tersebut tersebar di tujuh kabupaten dan kota.

Kota Makassar, lanjutnya, menjadi daerah dengan pasien positif corona terbanyak, yakni 19 orang.

Baca juga: Jika Makassar Lockdown, Pemkot Sudah Siapkan Komunitas Pembagi Logistik

Jumlah tersebut tersebar di Kabupaten Maros seorang, Kabupaten Pinrang dan Sidrap masing-masing seorang, Kabupaten Gowa tiga orang, Kabupaten Sinjai seorang serta Kabupaten Bulukumba seorang.

Dua dari 14 orang tambahan pasien positif corona hari ini telah meninggal dunia.

"Dua pasien poaitif yang meninggal dulunya berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dirawat di Rumah Sakit Tajuddin Chalid dan Rumah Sakit Grestelina Makassar," katanya melalui video konferensi, Kamis (26/3/2020).

14 pasien tersebut dirawat di Rumah Sakit Tajuddin Chalid, Rumah Sakit Grestelina, Rumah Sakit Stella Maris, Rumah Sakit Labuang Baji Makassar serta Rumah Sakit Andi Makkasau Parepare.

"Mereka dinyatakan positif dari hasil dari uji Balai Besar Laboratorium Kesehatan Kementerian Kesehatan yang ada di Kota Makassar yang totalnya 66 spesimen," ujarnya.

Baca juga: Jenazah PDP Covid-19 Dicium Keluarga, Pemkot Makassar Waspadai Pendatang dari Kolaka

Peningkatan pasien positif yang signifikan ini, kata Ichsan, lebih banyak disebabkan hasil dari interaksi dengan pasien positif corona sebelumnya.

Selain itu, terdapat juga pasien yang positif setelah melaksanakan umrah dan pertemuan di Kabupaten Raha, Sulawesi Tenggara beberapa waktu lalu.

"Berdasarkan data positif ini, pola transmisi virus bukan lagi imported tansmisson tapi dari data ini nampak bahwa sudah ada local transmission. Jadi sudah ada antar warga di Sulsel yang berkontak sehingga positif," ujarnya.

Selain 27 pasien positif, kata Ichsan, Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang ada di Sulsel saat ini berjumlah 190 orang.

Dari 190 orang tersebut, 36 orang selesai pemantauan.

Sedangkan, untuk PDP di Sulsel berjumlah 81 orang, 73 masih dirawat di rumah sakit dan delapan orang dinyatakan sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com