Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stok Menipis, Tim Medis RSUP Wahidin Sudirohusodo Galang Dana Beli APD

Kompas.com - 20/03/2020, 17:41 WIB
Himawan,
Dony Aprian

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar mengeluhkan kekurangan sejumlah Alat Pelindung Diri (APD) untuk para tim medis.

Pengurangan ini dikeluhkan dokter dan perawat yang menangani langsung pasien ODP, PDP dan positif virus corona.

Kasubag Humas dan Pemasaran Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo Dewi Rizki Nurmala mengatakan, polemik kekurangan APD terjadi hampir di rumah sakit rujukan pasien Covid19.

"Polemik kekurangan APD bukan hanya menjadi keluhan RSWS saja, hampir semua RS mengalami hal tersebut. APD menjadi barang yang langka," kata Dewi melalui pesan singkat, Jumat (20/3/2020).

Baca juga: Tambah 10.000 APD, Pemerintah: Logistik Layanan Perawatan di RS Tercukupi

Kelangkaan ini membuat para dokter khususnya di RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo menggalang dana agar bisa membeli sejumlah peralatan APD.

"Kami tidak ada sangkut pautnya dengan penggalangan dana tersebut. Harapan kami pun jika ada yang ingin membantu adalah dalam bentuk APD yang lainnya," tuturnya.

Baca juga: Begini Kondisi Tenaga Medis Tanpa APD Layak Saat Tangani Covid-19

Alasan dibalik kelangkaan APD, lantaran membludaknya pasien yang memeriksakan diri untuk tes corona di Rumah Sakit Dr Wahidin Sudirohusodo khususnya di gedung infection center fluktuatif. 

"Jika pasien bertambah terus maka di IC akan dikhususkan penanganan covid 19 dengan pengalihan penyakit infeksi lain ke rumah sakit jejaring," tutur Dewi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com