Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Virus Corona, Unhas Tiadakan Tradisi Jabat Tangan saat Wisuda

Kompas.com - 12/03/2020, 11:20 WIB
Himawan,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Sulawesi Selatan, bakal meniadakan tradisi jabat tangan antara mahasiswa dan rektor saat acara wisuda 2020 di Baruga AP Pettarani, Unhas 17-18 Maret 2020 mendatang.

Kasubdit Humas dan Informasi Publik Direktorat Komunikasi Unhas Ishaq Rahman mengatakan peniadaan tersebut untuk mengantisipasi penyebaran virus corona yang sudah masuk ke Indonesia.

Keputusan ini merupakan hasil rapat panitia wisuda pada Selasa (10/3/2020).

"Ini dasarnya juga dari surat edaran dari Kemendikbud nomor 3 Tahun 2020 supaya kita meminimalisir jabat tangan dan kontak fisik di satuan pendidikan," kata Ishaq kepada Kompas.com melalui telepon, Kamis (12/3/2020).

Baca juga: Mahasiswa Unhas Demo Tolak Omnibus Law, Jalan Depan Kampus Ditutup

Untuk mengganti tradisi jabat tangan, dalam wisuda tersebut Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu langsung menyerahkan map berisi ijazah dan transkrip kepada para wisudawan.

Prosesi seperti itu akan berlangsung selama 2 hari dan diikuti 2.094 wisudawan dari jenjang S1-S3, profesi, dan spesialis.

"Jadi momen itu yang nantinya diabadikan sebagai penanda ucapan selamat. Sebagai penanda wisuda," Ishaq menambahkan.

Selain meminimalisir kontak fisik secara langsung dalam ruangan tempat wisuda panitia bakal menyediakan cairan pembersih tangan yang dibuat langsung oleh tim dari Fakultas Farmasi Unhas.

Baca juga: Ada Virus Corona, Kini Jokowi Minum Jamu Tiga Kali Sehari

Cairan pembersih tangan ini bisa digunakan oleh para wisudawan serta pengunjung yang hadir dalam acara tersebut.

"Produk ini sudah ada beberapa bulan yang lalu tapi belum kami pasarkan ke masyarakat karena harus ada izin dari pemerintah dan BPOM. Jadi untuk sementara digunakan internal dulu," tutur Ishaq. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com