Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Sulsel dan Wakilnya Keliling Kabupaten/Kota Tinjau Daerah Bencana, Siapkan Anggaran Rp 20 M

Kompas.com - 09/01/2020, 13:29 WIB
Hendra Cipto,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com – Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman, berbagi tugas meninjau sejumlah daerah yang dilanda bencana angin kencang, puting beliung, tanah longsor, dan abrasi.

Nurdin mendatangi lokasi abrasi di Pantai Galesong, Kabupaten Takalar, didampingi Bupati Takalar, Ketua DPRD Takalar, anggota DPRD Sulsel, Kepala Balai Pompengan, dan Kepala Dinas Terkait.

Dalam peninjauan itu, Nurdin melihat langsung kondisi abrasi di Pantai Galesong yang sangat memprihatinkan.

Abrasi sudah menghilangkan puluhan rumah warga dan kuburan di tiga lokasi tempat pemakaman umum (TPU) di Pantai Galesong.

Dalam kesempatan itu pun, Nurdin membagikan bronjong atau gabions yang merupakan kotak yang terbuat dari anyaman kawat baja berlapis seng.

Selanjutnya, Nurdin meninjau Cekdam Bili-bili untuk memastikan debit air masih normal dan tidak melampaui ambang batas seperti kabar hoaks yang beredar di masyarakat.

Cekdam Bili-bili ini merupakan bendungan yang dapat menampung air sebanyak 200 juta meter kubik.

“Kita pastikan pada rakyat bahwa pemerintah hadir saat masyarakat tertimpa bencana. Kita punya dana tanggap darurat yang dana kontijensi untuk Sulsel sebesar Rp 20 miliar. Dana kontijensi ini untuk penanggulangan bencana, baik tahap prabencana, saat tanggap darurat atau pasca bencana,” kata Nurdin, Kamis (9/1/2020).

Baca juga: 345 Rumah di Sulsel Rusak Dilanda Cuaca Ekstrem, Ini Penjelasan BMKG

Sementara itu, Andi meninjau Sulsel bagian utara yakni Kabupaten Sidrap, Barru, dan beberapa daerah lainnya yang dilanda bencana angin kencang, angin puting beliung, dan tanah longsor.

Bencana ini menerjang 12 kabupaten/kota di Sulsel sejak 1 hingga 5 Januari 2020 dan merusak sekitar 2.000 rumah warga.  

Andi mengatakan, Pemprov Sulsel masih melakukan pengiriman bantuan dan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) masih pendataan.

"Saya mau lihat, apa kebutuhan para korban bencana dan apakah sudah dilakukan pengiriman bantuan di beberapa wilayah di Sulsel. Alhamdulillah, sampai sekarang tidak ada korban jiwa, karena itu yang paling penting,” katanya.

Dalam peninjauan di lokasi-lokasi bencana, Andi Sudirman Sulaiman pun membagikan bantuan, seperti selimut, tenda, mi instan, dan lainnya.

 Baca juga: Hadapi Monsun Asia Melintas di Sulsel, Gubernur Gelar Apel Siaga Bencana

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com