Saat Anggota Marinir Gelar Upacara Kenaikan Pangkat di Dalam Laut...

Kompas.com - 07/10/2019, 11:29 WIB
Suasana upacara pelantikan kenaikan pangkat yang digelar jajaran Lantamal VI di kedalaman laut 20 meter di kawasan Pulau Samalona, Makassar, Minggu (6/10/2019). ANTARA Foto/ HO/Lantamal VISuasana upacara pelantikan kenaikan pangkat yang digelar jajaran Lantamal VI di kedalaman laut 20 meter di kawasan Pulau Samalona, Makassar, Minggu (6/10/2019).

KOMPAS.com - Komandan Batalion Marinir Pertahanan Pangkalan Utama VI TNI AL/ Makassar, Letnan Kolonel (Marinir) Aang Andy Warta dan komandan upacara Kapten (Marinir) Umar Dale,  memimpin pasukannya saat menggelar upacara kenaikan pangkat di dasar laut, Minggu (6/10/2019).

Upacara yang penuh dengan tantangan itu digelar dengan kedalaman 20 meter di bawah permukaan laut di perairan Pulau Samalona, Makassar.

Tantangannya salah satunya adalah arus bawah laut yag cukup kuat. Selain itu, aba-aba tak menggunakan suara, hanya isyarat. 

Baca juga: Sempat Menghilang, Anggota TNI yang adalah Suami dari Wanita yang Ditemukan Tewas di Karung Menyerahkan Diri


Warta mengatakan, upacara yang di dasar laut ini sarat dengan makna filosofi.

Laut merupakan media pemersatu bangsa dan negara, serta kekayaan yang terkandung di dalamnya yang harus dijaga dan dilestarikan.

Sebagai prajurit TNI AL dan prajurit matra laut TNI, patut melibatkan laut sebagai media dan habitat sementara mereka pada momen penting sebagaimana upacara kenaikan pangkat ini.

"Harapannya agar prajurit tambah mencintai laut dan melestarikannya sekaligus menambah khasanah pengalaman bersama laut," kata Warta.

Baca juga: Mengenal Perwira TNI Keturunan Tionghoa John Lie, Hantu Selat Malaka..

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X