2 Kepsek SMA Dicopot, Salah Satunya Gara-gara Foto Jokowi

Kompas.com - 14/08/2019, 13:58 WIB
Ilustrasi siswa SMA KOMPAS/A HANDOKOIlustrasi siswa SMA

MAKASSAR, KOMPAS.com – Dua kepala sekolah di SMAN 1 dan SMAN 5 Makassar dicopot dari jabatannya karena melanggar aturan penerimaan siswa prestasi dan membebankan kelengkapan sekolah kepada para siswa.

Kepsek SMAN 1 Makassar tertangkap basah melakukan pelanggaran tidak memasukkan data siswa berprestasi dalam sistem online.

Kasus ini terungkap setelah adanya laporan masyarakat serta temuan bukti-bukti pelanggaran oleh koordinator pengawas sekolah. 

Sedangkan Kepsek SMAN 5 Makassar melakukan pelanggaran dengan membebankan kelengkapan ruang belajar (kelas) kepada para siswa berupa pembelian sapu, kipas angin, jam dinding, replika banser merah putih, hingga foto Presiden RI Joko Widodo ( Jokowi).


Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel, Irman Yasin Limpo mengatakan, pencopotan dua kepala sekolah itu sebagai bentuk komitmen dalam mencegah tindak pungutan liar, dan aktivitas yang tak disiplin di sekolah.

“Jadi kedua kasus ini ada yang ditemukan langsung oleh tim kordinator sekolah dan ada yang diterima laporan dari masyarakat,” katanya saat dikonfirmasi, Rabu (14/8/2019).

Baca juga: Guru Pelaku Seks Menyimpang Ditangkap, Korbannya Mulai Semangat Belajar

Keduanya saat ini sedang dilakukan pemeriksaan.

Dalam dua kasus ini, pihaknya masih melakukan penyelidikan internal dan belum melibatkan aparat penegak hukum.

Jika terbukti bersalah, Dinas Pendidikan Sulsel akan memberikan nota kepada gubenur terkait sanksi yang akan diberikan.

“Nantinya akan diberikan opsi sesuai dengan aturan yang berlaku. Opsinya nanti sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan oleh kedua kepala sekolah apakah sedang atau berat. Jika masuk dalam pelanggaran berat, kepala sekolah tersebut bisa dilakukan pemecatan,” ujarnya.

Baca juga: Kekhawatiran Guru atas Penemuan Siswa soal Obat Kanker Mujarab hingga Juarai Dunia



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X