Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyamar Jadi Pengemudi Ojek, Begal di Makassar Ditembak

Kompas.com - 28/06/2019, 11:33 WIB
Himawan,
Khairina

Tim Redaksi


MAKASSAR, KOMPAS.com - Sandi (25), pelaku pencurian dengan kekerasan tertembak saat diamankan tim gabungan Resmob Polsek Panalukang dan tim khusus Polda Sulsel di Jalan Dirgantara, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (27/6/2019) dini hari lalu.

Sandi merupakan begal yang bermodus sebagai tukang ojek saat hendak mengambil barang milik korbannya.

Kapolsek Panakukang Kompol Ananda Fauzi Harahap mengatakan, tim gabungan kepolisian itu menangkap Sandi usai ia dilaporkan oleh salah satu korbannya yang bernama Rasmiyati Suardi pada 21 Juni 2019 lalu.

"Ia mengamati korban yang dari daerah menggunakan bus. Melihat korban yang turun dari bus, ia pun datang saat korban lengah. Kesempatan itu dimanfaatkan pelaku untuk melancarkan aksinya dan merampas barang gawai milik korban," kata Ananda, Jumat (28/6/2019).

Baca juga: Begal di Makassar Tewas Usai Diamuk Massa

Dari interogasi yang dilakukan polisi, Sandi mengaku telah beberapa kali melakukan aksinya. Lokasi yang paling sering ialah di sekitar Jalan Urip Sumoharjo, Makaassar.

Di jalan ini, ia sering merampas gawai milik korbannya setelah turun dari tempat perwakilan bus dari daerah. Setelah merampas telepon seluler, ia menjualnya di media sosial Facebook dengan harga Rp 800 ribu.

Saat penunjukan TKP serta barang buktinya, kata Ananda, Sandi mencoba melarikan diri setelah berusaha melepaskan diri dari pengawalan petugas.

Tiga kali petugas mencoba tembakan peringatan, tetapi hal itu tidak digubrisnya

"Ketika pelaku memanfaatkan situasi setelah lepas dari kawalan petugas, untuk mencoba melarikan diri. Peluru menerjang kaki pelaku seketika pelaku jatuh tersungkur setelah tiga butir peluru bersarang di kakinya," jelasnya.

Baca juga: Polisi Tembak Mati Begal yang Beraksi di 45 TKP di Makassar

Polisi kini menahan Sandi di sel tahanan Polsek Panakukang dan menyita motor Mio Sporty warna merah muda yang kerap digunakan Sandi saat melakukan aksinya.

Selain itu, polisi juga menyita satu gawai merek Xiomi A1 yang diduga merupakan hasil rampasannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com