Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Persidangan, Eks Panglima Laskar Jihad Indonesia dan Korban Saling Memaafkan

Kompas.com - 27/06/2019, 15:09 WIB
Himawan,
Rachmawati

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Mantan Panglima Laskar Jihad Indonesia Jafar Umar Thalib memeluk Hennock Mudi Niki, pemilik rumah yang dirusak Jafar dan pengikutnya di Koya Barat, Jayapura, Papua.

Peristiwa ini terjadi ketika tim jaksa penuntut umum menghadirkan Hennock serta istri, anak, dan seorang tetangganya sebagai saksi. Ketika Hennock ditanya oleh ketua majelis hakim Suratno apakah bersedia untuk berdamai, Hennock langsung mengiyakan.

Rumah Hennock smepat didatangi Jafar dan pengikutnya dengan membawa samurai sekitar pukul 05.30 WIT pada 27 Februari 2019 lalu. 

"Sebagai manusia, kita memaafkan. Bisa memaafkan, tapi proses persidangan tetap berjalan," kata Hennock di Ruang Sidang Harifin Tumpa, PN Makassar, Kamis (27/6/2019).

Baca juga: Eks Panglima Laskar Jihad Kerap Bawa Pedang Samurai, Ini Alasannya

Mendengar pernyataan Hennock, Hakim Suratno kemudian menanyakan Jafar Umar Thalib apakah bersedia meminta maaf.

Jafar pun mengiyakan dan berdiri menyalami Hennock beserta istri dan anaknya, serta seorang tetangga Hennock yang bernama Maria.

Dalam kesaksiannya di hadapan majelis hakim, Hennock berkata kepada majelis hakim bahwa perusakan yang dilakukan Jafar beserta pengikutnya adalah pada satu set sound system, speaker, dan juga toa yang dipasang di rumahnya.

"Tidak ada rumah yang rusak sedikit pun," kata Hennock.

Baca juga: Eks Panglima Laskar Jihad Indonesia Minta Penangguhan Penahanan

Hennock mengatakan bahwa perusakan itu dilakukan ketika ia menyalakan musik dari rumahnya sekitar pukul 05.15 WIT. Ia juga mengakui jika sebelumnya pada tahun 2016 silam, ia pernah ditegur pihak kepolisian karena menyalakan suara musik yang cukup keras.

Apalagi jarak rumahnya dengan tempat ibadah hanya sekitar 100 meter.

"Memang pernah ada polisi yang masuk untuk memberi tahu," jawab Hennock saat ditanya oleh pengacara Jafar.

Ketika speaker dirusak oleh pengikut Jafar, Hennock mengakui ada dua orang pengikut Jafar yang masuk ke rumahnya dengan membawa samurai. Keduanya lalu merusak speaker miliknya.

Baca juga: Eks Panglima Laskar Jihad Jafar Umar Thalib Tak Keberatan Didakwa Rusak Rumah Warga

Hennock mengatakan bahwa kerugian yang dialaminya sekitar Rp 20 juta. Mendengar hal ini, Jafar pun menjamin akan mengganti kerugian itu.

"Iya kami pasti ganti," kata Jafar sebelum sidang ditutup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com