Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Video Bule Bercelana Pendek Atur Lalu Lintas di Makassar, Ini Penjelasan Polisi

Kompas.com - 06/04/2019, 16:28 WIB
Himawan,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Sebuah video viral di media sosial memperlihatkan seorang warga negara asing ikut mengatur lalu lintas karena kemacetan yang terjadi di sebuah wilayah di Makassar

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @makassar_info pada Sabtu 30 Maret 2019 memperlihatkan seorang bule mengenakan kaos dan celana pendek tampak mengatur lalu lintas yang macet.

Tak terdengar bahasa yang dia gunakan. Namun, bule itu menggunakan bahasa isyarat dengan tangannya untuk mengarahkan mobil pickup berwarna hitam agar segera maju. Beberapa kali terlihat bule itu bolak balik untuk mengatur lalu lintas.

Dari hasil penelusuran, kejadian itu berada di pertigaan Jalan Andi Pangeran Pettarani dan Jalan Letjen Hertasning, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar.

Daeng Te'ne salah satu saksi yang melihat kejadian itu membenarkan bahwa ada seorang warga asing yang mengatur lalu lintas di pertigaan jalan Pettarani-Hertasning tersebut.

Kejadiannya itu terjadi pada siang hari, saat arus kendaraan terjebak macet.

"Cuma sebentar. Dia turun dari mobil, baru atur kasih lewat mobilnya. Baru setelah itu pergi," kata Daeng Te'ne kepada Kompas.com, Sabtu (6/4/2019).

Baca juga: Begini Cara Wali Kota Makassar Tertibkan PKL Tanpa Konflik

"Waktu saya lihat itu bule, memang tidak ada polisi di situ (yang mengatur lalu lintas)," kata Te'ne melanjutkan.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

Mohon untuk dinas terkait untuk turut andil mengatasi kemacetan ini???????? #makassarinfo

Sebuah kiriman dibagikan oleh MAKASSAR INFO (@makassar__info) pada 29 Mar 2019 jam 11:28 PDT


Kasat Lantas Polrestabes Makassar Kompol Masaluddin menjelaskan, aksi bule yang mengatur lalu lintas itu lantaran pada saat itu warga asing tersebut ingin cepat-cepat sampai ke Bandara Sultan Hasanuddin.

Karena terjebak macet di pertigaan itu, pria itu turun dari mobil yang ditumpanginya agar mobilnya bisa segera keluar dari kemacetan.

"Yang bersangkutan pas mau melintas, arus lalu lintas padat dan mereka buru waktu mau ke bandara takut ketinggalan pesawat. Sehingga dia turun meminta ke pengguna jalan lainnya untuk diberi prioritas," kata Masaluddin saat dikonfirmasi melalui telepon.

Baca juga: Usai Sidang, Puluhan Kerabat Korban Hadang Dua Terdakwa Pembunuhan Satu Keluarga di Makassar

Saat ditanya lebih lanjut mengenai identitas warga asing itu, Masaluddin tidak menjawab. Begitupun dengan polisi lalu lintas yang berada di pertigaan tersebut.

Dari pantauan Kompas.com, pertigaan Jalan Andi Pangeran Pettarani dan Jalan Letjen Hertasning memang menjadi salah satu titik macet terparah yang ada di Kota Makassar.

Pasalnya titik ini menjadi salah satu tempat pengerjaan proyek jalan tol layang yang sedang dikerjakan sejak tahun lalu.

Kemacetan yang ditimbulkan di wilayah ini merupakan imbas dari proyek pengerjaan tol layang di sepanjang Jalan Andi Pangeran Pettarani, Makassar, Sulawesi Selatan. Kemacetan di sekitar ini mulai dari sekitar pukul 12.00 Wita hingga malam hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com