Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Syahruddin Potong Dana PKH Masyarakat Makassar untuk Kebutuhan Pribadi

Kompas.com - 06/03/2019, 15:29 WIB
Hendra Cipto,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.comPolrestabes Makassar mengamankan seorang pendamping Program Keluarga Harapan (PKH), Syahruddin (39) karena diduga melakukan pemotongan dana PKH yang disalurkan kepada masyarakat.

Kepolrestabes Makassar Kombes Polisi Wahyu Dwi Ariwibowo mengatakan, Syahruddin terjaring dalam operasi tangkap tangan (OTT) oleh Satgas Bansos Polrestabes Makassar di Jalan Sultan Abdullah, Selasa (5/3/2019) petang.

Syahruddin kini telah ditetapkan sebagai tersangka dan telah ditahan di Mapolrestabes Makassar. 

“Kasus ini masih kita kembangkan, karena banyak informasi dan laporan terkait dana PKH yang dipotong oleh pendamping. Sementara tersangka kita periksa dan mintai keterangannya untuk mengungkap semua pendamping yang memotong dana PKH masyarakat di Makassar,” kata Dwi di Mapolrestabes Makassar, Rabu (6/3/2019).

Baca juga: Bertemu Aktivis Perempuan, Jokowi Beberkan Program Mekaar, UMi, hingga PKH

Dwi mengatakan, modus pemotongan PKH tersebut dimana tersangka memegang buku rekening dan kartu ATM penerima PKH. Dana dalam rekening setiap bulan ditarik dan dipotong sebesar Rp 12.000 per orang.

Tersangka mendampingi 400 orang warga penerima PKH.

Dwi mengatakan, potongan dana PKH masyarakat oleh tersangka  dipergunakan untuk kepentingan pribadi. Diduga, aksi tersangka sudah berlangsung cukup lama atau selama program PKH dari pemerintah berjalan.

“Mengingat program tersebut menggunakan uang negara, tersangka akan dijerat dengan Undang-Undang Tindak Pidana Pemberantasan Korupsi. Belum bisa kita hitung dana yang dipotong keseluruhan karena berkelanjutan, tapi setiap bulan dipotong sekita Rp 12.000 dan yang triwulan sekitar Rp 50.000," ujarnya.

Baca juga: Jokowi Janji Akan Cairkan Dana PKH Lagi pada April

Dinas Sosial (Dinsos) Makassar belakangan ini terus mengusut adanya indikasi penyalahgunaan bantuan PKH oleh oknum pendamping. Sebanyak 12 pendamping telah dilaporkan ke Polrestabes Makassar.

Dana bantuan PKH yang diterima masyarakat diduga dipotong oleh oknum pendamping dan ada yang berdalih pemotongannya untuk sumbangan korban bencana di Palu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com