Akhir Oktober, KPPU Keluarkan Putusan Soal Carrefour

Kompas.com - 12/08/2009, 17:36 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), diperkirakan akan mengeluarkan putusan terhadap kasus dugaan monopoli yang diduga dilakukan oleh Carrefour, pada akhir Oktober 2009. Demikian diungkapkan Direktur Komunikasi Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Achmad Junaidi di Gedung KPPU, Jakarta, Rabu (12/8). "Jadi mungkin akhir Oktober (2009) sudah ada putusan," katanya.

PT Carrefour Indonesia diduga telah melakukan monopoli usaha pasca mengakuisisi 75 persen saham PT Alfa Retailindo Tbk (ALFA) dari Sigmantara dan Prime Horizon, senilai Rp 674 miliar. KPPU sendiri telah melakukan pemeriksaan pendahuluan terhadap kasus ini pada 31 Maret hingga 12 Mei 2009. Dalam kasus tersebut, Carrefour diduga melakukan pelanggaran atas pasal 17 ayat 1 jo pasal 25 UU No 5/1999 tentang pelarangan monopoli dan posisi dominan. Bila terbukti bersalah, Carrefour terancam harus membayar denda maksimal Rp 25 miliar.

Lebih lanjut Junaidi mengatakan, sejak 11 Agustus 2009 kasus tersebut telah masuk dalam masa perpanjangan pemeriksaan lanjutan, dan akan selesai pada 28 September 2009, karena batas waktu dalam masa perpanjangan pemeriksaan lanjutan ini, menurutnya, adalah selama 30 hari. Tahap perpanjangan pemeriksaan lanjutan, menurutnya, merupakan tahapan ketiga setelah tahap pendahuluan (30 hari), dan tahap pemeriksaan lanjutan (60 hari) selesai dilaksanakan. "Karena itu, kemungkinan akhir Oktober 2009 nanti sudah ada putusannya," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.