Soal Monopoli, KPPU Bakal Panggil Presdir Carrefour

Kompas.com - 09/04/2009, 14:37 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com — KPPU akan panggil Presiden Direktur PT Carrefour Indonesia terkait laporan dugaan monopoli yang dituduhkan pada perusahaan ritel tersebut pascaakuisisi PT Alfa Retailindo.

Direktur Komunikasi KPPU A Junaidi menyebut pemanggilan Carrefour selaku terlapor dijadwalkan Senin, 13 April 2009 pukul 11.00, dalam rangka pemeriksaan pendahuluan.

KPPU akan meminta keterangan dari pihak Carrefour selaku terlapor tentang beberapa isu yang mengemuka pada dugaan pelanggaran Pasal 17 dan Pasal 25 UU Nomor 5 Tahun 1999.

"Termasuk klarifikasi struktur pasar dan beberapa conduct yang diduga melanggar UU Persaingan," kata Junaidi.

Ditambahkannya, pemanggilan Carrefour ini juga sekaligus memberi kesempatan pada peritel itu untuk menjelaskan atau mengklarifikasi beberapa fakta sementara yang sudah diajukan pihak pelapor kepada KPPU sebelumnya.

Sebelumnya, Carrefour dilaporkan karena diduga penguasaan pasarnya pasca-mengakuisisi Alfa Retailindo telah melanggar ketentuan UU Anti Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. (Dupla Kartini/Kontan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.