Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggota DPRD Sulsel Dapat Pakaian Dinas Setara LV, Hermes, Gucci, dan Giorgio Armani

Kompas.com - 18/06/2019, 10:30 WIB
Hendra Cipto,
Khairina

Tim Redaksi


MAKASSAR, KOMPAS.com – Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Selatan menganggarkan belanja senilai Rp 2,45 miliar untuk acara pelantikan beserta pakaian dan pin emas 85 legislator terpilih periode 2019-2024.

Anggaran Rp 2,4 miliar itu terbagi untuk empat item belanja pakaian dinas harian (PDH), pakaian sipil harian (PSH), pakaian sipil resmi (PSR), serta pakaian sipil lengkap (PSL) dilengkapi atribut pin emas.

Pengadaan pakaian dan pin emas anggota DPRD Sulsel terpilih 2019-2024 ini dilelang dan dimenangkan oleh CV Harapan yang berdomisili di Kota Makassar.

Baca juga: Terkait 8 Rekomendasi Pansus DPRD Makassar, Ini Respon Wali Kota Danny

Pengadaan pakaian untuk legislator DPRD Sulsel termurah sebesar Rp 187 juta untuk pakaian dinas harian lengan panjang spesifikasi wool disebut setara Giorgio Armani dan masing-masing legislator dapat satu pasang pakaian seharga Rp 2,2 juta.

Pagu untuk belanja pakaian sipil harian spesifikasi wool setara Hermes sebesar Rp 467,5 juta dengan dianggarkan Rp 2,75 juta per satuannya yang akan dibagikan masing-masing dua pasang untuk setiap legislator.

Terdapat pula pakaian sipil resmi seharga Rp 233 miliar lebih yang masing-masing legislator dapat satu pasang dengan harga Rp 2,75 juta.

Pagu terbesar pada belanja pakaian berlaku untuk pakaian sipil lengkap, yakni senilai Rp 1,5 miliar lebih. Pagu ini terdiri atas belanja 85 pasang pakaian wool setara Gucci, yang masing-masing seharga Rp 4,95 juta.

Pada pagu ini juga terdapat anggaran belanja tiga macam pin emas 23 karat bagi setiap legislator.

Masing-masing pin anggota DPRD tiga gram senilai total Rp 318 juta lebih, pin anggota DPRD lima gram senilai Rp 191 juta lebih, serta pin Phinisi sepuluh gram dengan anggaran Rp 637,5 juta.

Baca juga: Ditangkap karena Narkoba, Mantan Anggota DPRD Makassar Coba Suap Polisi

Sedangkan untuk anggaran pelantikan 85 legislator Sulsel terpilih 2019-2024 ini yang akan dilaksanakan pada bulan September mendatang dianggarkan sebesar Rp 200 juta. Anggaran pelaksanaan yang akan dihadiri seribuan undangan sudah termasuk makan, minuman dan dekorasi.

Sekretaris DPRD Sulsel, Muhammad Jabir yang dikonfirmasi, Kamis (13/6/2019) mengatakan, penggaran pakaian dan pin emas Legislator Sulsel terpilih 2019-2024 dibahas dan disepakati dalam rapat anggaran 2018 kemarin. Menurut Jabir, anggaran itu hanya sekali dalam 5 tahun.

“Anggaran itu sudah dibahas dan disepakati dalam rapat anggaran 2018 kemarin. Jadi tidak ada masalah dan sudah menjadi rutin setiap 5 tahun sekali untuk perlengkapan anggota DPRD Sulsel terpilih. Memang tahun ini agak mahal, karena harga emas yang kian naik,” katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com