Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diperiksa, Kondisi Kejiwaan Dosen UNM Pembunuh Wanita dengan Seat Belt

Kompas.com - 26/03/2019, 11:35 WIB
Himawan,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - WJ (43), tersangka kasus pembunuhan Sitti Zulaeha Djafar yang juga staf Badan Administrasi dan Umum (BAU) di Universitas Negeri Makassar (UNM), dibawa ke klinik Kedokteran Jiwa Rumah Sakit Bhayangkara Makassar untuk diperiksa psikiater.

WJ yang dikawal penyidik Polres Gowa tiba di Rumah Sakit Bhayangkara sekitar pukul 09.00 WITA, Selasa (26/3/2019). Sebelum masuk ke klinik, dia sempat dibawa ke ruangan forensik rumah sakit. Dia lalu masuk ke klinik sekitar pukul 10.00 WITA.

"Pemeriksaan ke psikiater ini untuk mendalami kondisi kejiwaan pelaku sekaligus untuk mengetahui lebih jauh motif pembunuhan yang dilakukan tersangka terhadap korban," kata Kasat Reskrim Polres Gowa Iptu Muh Rivai.

Baca juga: Kronologi Dosen UNM Bunuh Wanita Rekan Kerjanya dengan Seat Belt

WJ hanya tertunduk ketika dibawa ke klinik kejiwaan Rumah Sakit Bhayangkara Makassar. Dosen di Fakultas Ilmu Keolahragaan UNM ini juga didampingi oleh tiga penasihat hukumnya.

Ketua tim penasihat hukum WJ, Muh. Shyafril Hamzah mengungkapkan tetap menghargai usaha penyidik yang membawa kliennya untuk diperiksa tes kejiwaannya.

"Ini bagian dari proses Polres Gowa jadi harus dilewati itu. Ini memang bagian dari proses hukum," kata Shyafril saat diwawancara di Rumah Sakit Bhayangkara Makassar, Selasa (26/3/2019).

Sebelumnya, WJ melakukan pembunuhan terhadap Sitti Zulaeha pada Kamis (21/3/2019) malam. Namun, Zulaeha baru ditemukan tewas dengan kondisi tercekik di kursi depan sebelah kiri dalam mobilnya, pada Jumat (22/3/2019).

Baca juga: Dosen UNM Bunuh Wanita dengan Leher Terlilit Seat Belt karena Emosi

Pada tubuh korban Zulaeha yang diketahui merupakan istri kepala dinas di Kabupaten Barru ini, terdapat tanda-tanda kekerasan di wajah hingga polisi menyimpulkan kasus tersebut adalah kasus pembunuhan.

WJ akhirnya diketahui sebagai pembunuh Zulaeha ketika ikut melayat ke Rumah Sakit Bhayangkara Makassar pada Jumat (22/3/2019). Saat itu, polisi curiga dengan gerak-gerik pelaku yang mencurigakan dan tangannya terbalut perban.

Setelah dicocokkan dengan darah yang berada pada pintu mobil korban melalui metode Scientific Crime Investigation (SCI), WJ diketahui sebagai pembunuh Sitti Zulaeha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com