Salin Artikel

Pesawat Trigana Air Diduga Ditembak KKB di Papua, Peluru Tembus ke Kursi Penumpang

KOMPAS.com - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) diduga telah menembak Pesawat Trigana Air IL-222 register PK-YSC yang tengah take off dari Bandara Nop Goliat Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, Sabtu (11/3/2023) sekitar pukul 14.00 WIT.

Pada saat itu, pilot yang mengemudikan pesawat tersebut, Captain Edi Sunarto mendengar suara tembakan yang mengenai badan pesawat.

Meski begitu, pesawat berhasil mendarat dalam kondisi aman di Bandara Sentani sekitar pukul 14.59 WIT.

Usai semua penumpang turun, teknisi bandara melakukan pengecekan seluruh bagian pesawat. Hasilnya, ditemukan satu lubang bekas tembakan berada di bawah badan pesawat tembus mengenai kursi penumpang nomor 7C.

Selain itu, petugas juga berhasil menemukan proyektil yang diperkirakan berukuran (kaliber) 5,56 mm saat membersihkan kabin pesawat.

Kronologi kejadian

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ignasius Benny Ady Prabowo melalui keterangan tertulis mengatakan, saat kejadian, terdengar empat kali suara tembakan.

"Sekitar pukul 13.35 WIT, melalui HT dari personel Opsnal Polres Yahukimo, telah terdengar bunyi tembakan sebanyak empat kali pada saat pesawat jenis Trigana Air (jenis Boeing) landing di Bandar udara Nop Goliath Dekai yang berasal dari arah seputaran Kali Brasa Dekai,” kata Benny, sebagaimana diberitakan regional.kompas.com, Sabtu (11/3/2023).

Dari hasil pemeriksaan,tidak ada satu peluru pun yang bersarang di badan pesawat sehingga 55 penumpang dan kru pesawat dinyatakaan selamat.

Penembakan kembali terjadi ketika pesawat yang sama dengan jumlah 66 penumpang dan kru, lepas landas menuju Bandar Udara Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

"Saat dilakukan pengecekan kembali di Bandara Sentani Jayapura terdapat satu lubang bekas tembakan di bawah pesawat dan satu penumpang terkena serpihan pecahan kursi," ujar Benny.

7 pelaku ditangkap

Tim Gabungan mengamankan tujuh orang di sekitar TKP dan beberapa barang bukti antara lain tiga unit motor, satu buah panah, satu buah pisau, satu buah sabit, satu buah busur, dan satu buah sangkur.

“Tidak ditemukan senjata api yang digunakan menembak pesawat. Kami masih terus mendalami apakah tujuh orang yang diamankan itu terlibat aksi tersebut atau tidak," pungkasnya.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Jayapura, Dhias Suwandi | Editor: Teuku Muhammad Valdy Arief), TribunPapua.com

https://makassar.kompas.com/read/2023/03/12/210211778/pesawat-trigana-air-diduga-ditembak-kkb-di-papua-peluru-tembus-ke-kursi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke