Salin Artikel

Buntut Kasus Rafael Alun Trisambodo, Kepala Bea dan Cukai Makassar Diperiksa Kemenkeu, Miliki Harta Rp 13,7 Miliar

KOMPAS.com - Kasus Rafael Alun Trisambodo kini semakin bergulir. Kini, nama Kepala Bea Cukai Makassar, Andhi Pramono, ikut terseret.

Andhi Pramono saat ini tengah diperiksa oleh pihak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) usai potret gaya hidup mewahnya bersama keluarga tersebar dan viral di media sosial.

Foto rumah mewahnya yang terletak di Kompleks Wisata Legenda Cibubur juga menjadi sorotan warganet.

Kepala Kanwil Bea dan Cukai Sulbagsel, Nugroho membenarkan bahwa Andhi telah dipanggil oleh Kemenkeu untuk memberikan klarifikasi.

"Iya sudah dipanggil ke pusat untuk melakukan klarifikasi. Soal hasilnya, belum kita tahu ini seperti apa," kata Nugroho, dikutip dari Tribun-Timur.com, Rabu (8/3/2023).

Andhi dikabarkan tengah diperiksa oleh Kemenkeu terkait kepemilikan harta senilai Rp 13,7 miliar.

Nugroho menyampaikan, meski dia menilai kinerja Andhi sangat baik saat bertugas sebagai Kepala Bea dan Cukai Makassar, namun dia masih menunggu hasil pemeriksaan Kemenkeu.

"Hasilnya ada di pusat, bukan di kanwil. Kinerja Andhi ini sangat baik," ujar Nugroho.

Terkait gaya hidup mewah putri Andhi Pramono yang juga menjadi sorotan netizen, menurut Nugroho, putri Andhi merupakan selebgram yang mendapat pemasukan dari endorse.

"Anaknya memang selebgram yang dapat uang dari endorse produk," tandasnya.

Total harta kekayaan Andhi Pramono

Dilansir dari data LHKPN yang Andhi laporkan pada 16 Februari 2022, Ketua Bea dan Cukai Makassar itu memiliki total harta kekayaan sebanyak Rp 13,7 miliar dan tanpa utang.

Rp 6,9 miliar di antaranya berupa tanah dan bangunan yang tersebar di sejumlah kota, seperti Jakarta, Bogor, Cianjur, Salatiga, Batam, dan Banyuasin.

Andhi juga melaporkan bahwa dia memiliki surat berharga senilai Rp 2,9 miliar, alat transportasi seharga Rp 1,8 miliar, harta bergerak lainnya sebesar Rp 706,5 juta, serta kas dan setara kas berjumlah Rp 1,2 miliar.

Artikel ini telah tayang di Tribun-Timur.com dengan judul "Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono Diperiksa, Rumah Bak Istana, Harta Hampir Sama SBY dan Maruf"

https://makassar.kompas.com/read/2023/03/08/170816278/buntut-kasus-rafael-alun-trisambodo-kepala-bea-dan-cukai-makassar-diperiksa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke