Salin Artikel

Petani Tewas Tertabrak Uji Coba Kereta Api Sulsel, BPKA Mengaku Sudah Sesuai Prosedur

BARRU, KOMPAS.com - Seorang petani, Lasuddin (53), warga Ammaro, Kelurahan Coppo, Kecamatan Barru, tewas tersambar uji coba kereta api Sulsel.

Kepala Seksi Pemanfaatan Sarana Perkeretaapian Balai Pengelola Kereta Api (BPKA) Sulsel Rachmat Dalu mengatakan, pihaknya turut berdukacita atas insiden yang terjadi pada Rabu (1/2/23) pukul 10.45 Wita di Km 87+400 antara Stasiun Barru-Stasiun Tanete Rilau.

"Kami menyesalkan adanya korban jiwa akibat insiden ini. Korban jiwa akibat insiden ini telah teridentifikasi berjenis kelamin pria atas nama Lasuddin (53). Saat kejadian, korban sedang menyeberang jalur kereta api dengan menuntun sepeda dan terlibat insiden dengan rangkaian kereta api yang sedang dioperasikan secara terbatas," kata Rachmat dalam keterangan tertulisnya yang dikeluarkan, Kamis (2/2/2023).

Rachmat menuturkan, masinis dan asisten masinis telah melakukan prosedur sesuai yang ditetapkan ketika peristiwa berlangsung.

"Dalam hal ini, langkah-langkah yang telah dilakukan antara lain membunyikan S.35, melakukan pengereman, melakukan pemeriksaan rangkaian di lintas (BLB), dan melakukan perjalanan KA hingga stasiun pertama dan melakukan pelaporan perihal kejadian tersebut," ujar dia.

Rachmat memohon dukungan semua pihak, termasuk warga masyarakat untuk turut menjaga keselamatan semua pihak dengan melintasi jalur kereta api pada tempat yang telah disediakan.

Kemudian, tidak beraktivitas di sekitar jalur saat uji coba berlangsung untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

https://makassar.kompas.com/read/2023/02/02/083206578/petani-tewas-tertabrak-uji-coba-kereta-api-sulsel-bpka-mengaku-sudah-sesuai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke