Salin Artikel

Longsor Tutup Jalan Penghubung Antardaerah di Toraja Utara, Belum Dibenahi karena Ada Kabel Listrik

TORAJA UTARA, KOMPAS.com - Hujan deras picu longsor di jalur Trans Sulawesi, Lembang Sikuku, Kecamatan Kapala Pitu, Kabupaten Toraja Utara , Sulawesi Selatan.

Tebing setinggi 20 meter longsor sejak Selasa (25/10/2022) malam membuat kendaraan tak dapat melintas.

Kepala Lembang Sikuku Agustinus Sangka  mengatakan, sejak kejadian malam tadi pihaknya belum bisa membersihkan material.

“Kejadiannya sekitar pukul 19.00 Wita saat hujan deras melanda, kondisi gelap dan hujan kami tidak berani ke lokasi, apalagi ada tiang listrik yang patah,” kata Agustinus saat dikonfirmasi, Rabu (26/10/2022) pagi.

Menurut Agustinus, longsor menghantam tiang listrik hingga rubuh dan patah menyebabkan warga enggan untuk membersihkan dan melintasi longsoran.

“Kami belum mengerjakan pembersihan secara manual walaupun sedikit yang sekadar bisa dilewati pejalan kaki, karena kami juga khawatir terdapat aliran listrik pada kabel induk milik PLN  yang masih melintang di atas tanah longsoran akibat dihantam batu saat terjadi longsor,” ucap Agustinus.

Akibat longsor  jalur Rantepao - Sereale - Rindingallo tak bisa dilalui kendaraan  termasuk ke arah Kabupaten Mamuju  karena material batu dan tanah belum dibenahi.  

“Memang ini jalan poros penghubung kendaarn belum bisa melintas, sementara anak sekolah yang hendak melintas terpaksa harus memutar jauh ke beberapa jalan alternatif demi sampai di sekolah,” ujar Agustinus.

Lanjut Agustinus, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan beberapa pihak terkait agar material longsor segera dibenahi.

“Sejak malam tadi kami sudah berkoordinasi dengan BPBD Toraja Utara, Babinsa, Dinas PU termasuk pihak kecamatan, agar segera dibersihkan,” harap Agustinus.

https://makassar.kompas.com/read/2022/10/26/104159678/longsor-tutup-jalan-penghubung-antardaerah-di-toraja-utara-belum-dibenahi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke