Salin Artikel

5 Anak Gagal Ginjal di Sulsel yang Meninggal Dunia Terkonfirmasi Covid-19

"Kita sudah mengkonfirmasi data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait enam anak mengalami gagal ginjal misterius dan satu meninggal. Berdasarkan pendataan ulang ternyata ada delapan anak yang mengalami gagal ginjal misterius dan lima diantaranya meninggal dunia," katanya.

Hanya saja, kata Rosmini, sebanyak enam orang anak yang terkonfirmasi gagal ginjal misterius juga terkonfirmasi positif Covid-19.

"Enam anak yang mengalami gagal ginjal juga terkonfirmasi positif covid-19. Jadi semua yang meninggal dunia itu juga terkonfirmasi Covid-19," ungkapnya.

Rosmini menuturkan, usia anak yang sakit gagal ginjal misterius yakni delapan bulan hingga 12 tahun. Dua anak yang sakit gagal ginjal misterius pada Oktober 2022 berasal dari Kabupaten Luwu Timur dan Kota Parepare.

Rosmini mengutarakan, saat ini Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Wahidin Sudirohusodo Makassar menjadi rujukan anak yang sakit gagal ginjal misterius. Apalagi di RSUP Wahidin mempunyai dokter spesialis ginjal anak.

"Masyarakat diminta untuk memperhatikan urine anak yang sakit. Kalau anak demam diharapkan melihat urinenya apakah jumlah berkurang tiga sampai delapan kali buang air kecil satu hari, atau kalau pakai pampers di lihat dan diganti setiap tiga jam," bebernya.

https://makassar.kompas.com/read/2022/10/24/205427178/5-anak-gagal-ginjal-di-sulsel-yang-meninggal-dunia-terkonfirmasi-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke