Salin Artikel

95 Ekor Hewan Ternak di Makassar Dipotong Paksa karena Positif PMK

MAKASSAR, KOMPAS.com - Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) menyerang sejumlah hewan ternak yang ada di Kota Makassar.

Saat ini hewan yang teridentifikasi positif PMK sebanyak 95 ekor dari 121 ekor hewan ternak dan telah ada yang dipotong paksa, dipotong bersyarat.

Selain 95 ekor hewan ternak dipotong paksa, sebanyak 4 ekor telah mati. Ke-121 ekor hewan ternak ini mulai teridentifikasi sejak perayaan Idul Adha awal Juli 2022.

Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi yang memimpin rapat pemantapan perkembangan kasus wabah PMK di Ruang Rapat Lantai II Kantor Balaikota Makassar meminta Dinas Perikanan dan Pertanian Makassar bersama gabungan tim TNI dan Polri serta PDHI Sulselbar rutin melakukan pemantauan.

Selain itu, rutin melakukan vaksinasi pada hewan sebagai upaya meminimalisir penyebaran virus.

“Kasus wabah PMK hari ini cukup mengejutkan. Saya meminta satgas lebih aktif edukasi ke peternak, berikan pemahaman akan dampak yang terjadi jika hewan ternak tidak di tangani dengan baik,” pintanya.

Sementara itu, Agung Wahyuda selaku Ketua PDHI (Persatuan Dokter Hewan Indonesia) Cabang Sulselbar mengatakan, wabah PMK pada hewan tidak menular pada manusia tapi bisa menular pada hewan lainnya.

“Tidak akan menular pada manusia, tapi untuk hewan lainnya seperti Sapi, Kerbau, Kambing bisa dengan mudah tertular. Gejalanya bisa dilihat pada mulut hewan ketika muncul bintik ataupun liur yang berlebihan,” jelasnya.

Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Kota Makassar, Evi Aprilyati menambahkan, kondisi di Makassar sendiri masih dapat terkendali berkat adanya pemantauan rutin bersama anggota satgas lainnya.

“Alhamdulillah tim turun setiap hari memantau dan memeriksa kesehatan hewan. Memberikan vitamin dan juga vaksinasi. Jika ada hewan yang ditemukan positif PMK, langsung dikomunikasikan dengan peternak agar tidak ada korban hewan lainnya," tutur Evy.

Evy mengimbau para peternak agar dapat melaporkan hewan ternaknya jika mendapati gejala yang mirip PMK sehingga dapat segera ditangani dan satgas akan langsung menuju lokasi untuk melakukan tindakan.

https://makassar.kompas.com/read/2022/07/28/205959378/95-ekor-hewan-ternak-di-makassar-dipotong-paksa-karena-positif-pmk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke