Salin Artikel

Mahasiswa Demo Tuntut Pengadaan Bus Sekolah untuk Kelurahan Terpencil, Tak Satu Pun Anggota DPRD Temui

PALOPO, KOMPAS.com  – Aksi unjuk rasa mahasiswa Aliansi Demokrasi berlangsung di DPRD Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (2/6/2022) siang.

Aksi unjuk rasa mahasiswa menuntut untuk dilakukan pengadaan  bus sekolah bagi siswa yang berdomisi di daerah terpencil yakni Kelurahan Battang dan Battang Barat.

Kordinator Lapangan (Korlap) Aliansi Demokrasi, Ridal mengatakan, dua kelurahan tersebut sudah mendesak untuk dilakukan pengadaan bus sekolah mengingat kondisi medan dan jarak dari rumah ke sekolah dan sebaliknya cukup jauh.

"Kehadiran bus ini sangat dibutuhkan oleh para siswa di Kelurahan Battang dan Battang Barat, mengingat jarak tempuh dari wilayah tersebut menuju ke sekolah itu sangat jauh berkisar 15 hingga 20 kilometer," kata Ridal saat dikonfirmasi, Kamis (2/6/2022).

Selain itu, di dua kelurahan tersebut masih minim kendaraan angkutan sehingga pelajar kerap terlambat tiba di sekolah.

“Kendaraan umum di dua kelurahan ini masih minim khususnya angkutan lokal, di mana jalur tersebut merupakan poros Palopo Toraja,” ucap Ridal.

Sayangnya, saat mereka berunjuk rasa di DPRD tak satu pun anggota DPRD Palopo yang menemui.

Dari informasi yang dihimpun, sebelum pengunjuk rasa tiba di Kantor DPRD Kota Palopo, sejumlah anggota DPRD Kota Palopo meninggalkan kantor untuk melakukan kunjungan lapangan, sementara beberapa anggota DPRD lainnya tengah menjalani Dinas Luar Kota.  

Pantauan Kompas.com di lokasi, aksi unjuk rasa dilakukan dengan membakar ban bekas di depan dan dalam halaman gedung DPRD Kota Palopo.

Saat aksi unjuk rasa berlangsung, semua anggota DPRD Kota Palopo tidak berada di kantor, bahkan, tiga ruang komisi di DPRD Kota Palopo terlihat kosong.

“Kami sangat kecewa hingga kami menyatakan mosi tidak percaya dengan DPRD Kota Palopo karena beberapa kali teman-teman aksi juga kadang tidak menemuinya,” ujar Ridal.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi dari pihak DPRD Kota Palopo, terkait kegiatan semua anggota DPRD Palopo.

https://makassar.kompas.com/read/2022/06/02/155839478/mahasiswa-demo-tuntut-pengadaan-bus-sekolah-untuk-kelurahan-terpencil-tak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke