Salin Artikel

Antisipasi Kepadatan Arus Balik Mudik di Makassar, Polisi Akan Terapkan Ganjil Genap Kendaraan

MAKASSAR, KOMPAS.com - Antisipasi kepadatan kendaraan arus balik mudik Lebaran Idul Fitri 1443 H, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Makassar menerapkan ganjil genap bagi kendaraan yang hendak masuk ke Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Satlantas Polrestabes Makassar, AKBP Zulanda kepada Kompas.com, Kamis (5/5/2022).

Pemberlakuan pelat kendaraan ganjil maupun genap ini untuk mengantisipasi arus balik mudik secara serentak.

"Kami menyarankan kepada pemudik yang kembali dari arah Kabupaten Maros dan Kabupaten Gowa untuk memperhatikan NRKB (Nomor Register Kendaraan Bermotor) atau nomer pelat kendaraannya. Bila bernomor akhir genap disarankan untuk kembali mudik pada tanggal 6 atau 8 Mei 2022, sedangkan yang bernomor akhir ganjil disarankan kembali pada tanggal 5 atau 7 Mei 2022," katanya.

Selain itu, lanjut Zulanda, Satlantas Polrestabes Makassar akan menerapkan rekayasa lalu lintas pada bundaran perlimaan Bandara Hasanuddin.

Nantinya, pemutaran-pemutaran kecil yang ada di sepanjang 2 kilometer jalan arah Kabupaten Maros akan ditutup.

Sehingga akses pemutaran hanya dapat dilakukan persis di depan Pos Pengamanan perlimaan bandara dengan membuat alur putaran balik menggunakan water barrier, untuk kendaraan yang memutar ke Kabupaten Maros.

"Kita juga menambah personel apabila diperlukan untuk pengaturan secara manual dengan menonaktifkan lampu pengatur lalu lintas, sehingga dapat memberikan penarikan arus lebih besar pada sisi masuk Kota Makassar," ujarnya.

Zulandan menjelaskan bahwa metode ini untuk mengurai antrean kepadatan kendaraan masuk Kota Makassar.

"Prediksi (kepadatan kendaraan) hari Jumat, Sabtu, dan Minggu puncak arus balik. Yang tertinggi Sabtu (7/5/2022) sore hingga malam dan Minggu (8/5/2022) pagi hingga siang bagi pemudik yang jarak perjalanannya kurang dari 3 jam," bebernya.

Zulanda berharap kepada para pengemudi kendaraan yang kembali mudik untuk menjaga kebugaran fisiknya, beristirahat jika kelelahan saat mengemudi yang dapat mengurangi konsentrasi.

"Bagi pengendara sepeda motor agar senantiasa menggunakan helm dan jangan membawa beban barang yang dapat menghalangi keleluasaan saat mengemudikan kendaraan. Atur jarak aman antara depan dan belakang, jangan memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi, serta periksa kondisi kendaraan sebelum berangkat balik dari mudik," imbaunya.

https://makassar.kompas.com/read/2022/05/05/151258578/antisipasi-kepadatan-arus-balik-mudik-di-makassar-polisi-akan-terapkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke