Salin Artikel

Wali Kota Makassar Danny Pomanto Sembuh dari Covid-19 Setelah Isoman 10 Hari

Dia pun langsung kembali beraktivitas seperti biasa mengatur Pemerintah Kota Makassar.

“Sudah pulih dari Covid-19 dan sudah mulai kembali beraktivitas. Namun berat badan saya turun, tapi agak lebih ringan dan nyaman bergerak. Kalau saya kena itu sampai 10 hari, karena Covid-19 yang lama,” kata Danny Pomanto ketika dikonfirmasi, Rabu (16/2/2022).

Danny Pomanto mengungkapkan, saat ini banyak sekali pejabat  dan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terpapar Covid-19.

Namun meski begitu, pejabat dan ASN yang terpapar Covid-19 kondisinya tidak parah dan menjalani isolasi mandiri.

“Dinas Kesehatan saja hampir 50 orang, Dinas Sosial tadi saya dengar hampir 40 orang. Jadi banyak sekali ASN yang terpapar Covid-19. Kebetulan juga pas PPKM level 3 ini, pas lockdown juga kantor Balai Kota Makassar. Tapi bukan berarti pemerintahan tidak berjalan, bukan juga pelayanan publik tidak berjalan. Lebih banyak Work From Home,” ujarnya.

Danny Pomanto melihat, orang yang terpapar Covid-19 saat ini tiga sampai empat hari sudah sembuh.

Dari 700-an orang yang terpapar Covid-19 di Kota Makassar, hanya tiga orang yang meninggal dunia.

Sebanyak tiga orang lanjut usia (Lansia) itu meninggal dunia mempunyai komorbit tinggi dan belum vaksinasi.

“Jadi kalau saya lihat, sisa mensuport obat saja dan isoman. Rata-rata sembuh, kita bisa lihat orang rata-rata sembuh dari 700 an orang terpapar di Makassar. Tapi yang meninggal itu baru tiga orang dan orang tua yang tidak pernah divaksin serta mempunyai komorbit tinggi. Yang meninggal juga ini tidak ada data vaksinnya,” bebernya.  


Untuk mengatasi peningkatan Covid-19 ini, sambung Danny Pomanto, intinya percepatan vaksinasi.

Saat ini vaksinasi di Kota Makassar sudah mencapai 92 persen untuk tahap 1 dan vaksinasi tahap 2 sudah mencapai 70 persen.

“Jalan terus vaksinasi dan saya terus monitoring di Kota Makassar, karena intinya ini vaksinasi. Kalau obatnya itu, saya tanya adikku yang kena Covid-19 juga. Dia cuma mengkonsumsi vitamin dan penurun demam. Tiga hari dia sudah sembuh,” tandasnya.

Danny Pomanto menilai, banyak orang yang terpapar Covid-19 varian baru di Kota Makassar.

“Kalau ciri-ciri Omicron itu cepat penyebarannya dan cepat pula sembuhnya. Kalau saya tanya orang-orang, cuma 4 hari saja sembuh. Kalau dilihat ciri-cirinya mirip varian baru ini, karena rata-rata 4 hari sudah sembuh,” jelasnya. 

Terkait dengan penerapan PPKM level 3 di Kota Makassar, Danny Pomanto menuturkan jika aturan lebih pada pengetatan protokol kesehatan saja dan tidak terlalu banyak berubah.

Hanya pada kapasitas dan waktu saja. Tidak ada larangan dan ada pelonggaran pada aktivitas masyarakat.

“Pak Luhut kan bilang, asalkan sudah vaksinasi lengkap apalagi sudah boster, silahkan jalan-jalan. Orang di Makassar kena, semua rata-rata dari Jakarta. Jadi kalau angka Covid-19 meningkat di Jakarta, tidak lama lagi Makassar juga ikut. Karena semua rata-rata orang pernah ke Jakarta dan menularkan kepada orang-orang yang ada di Makassar,” paparnya.  

https://makassar.kompas.com/read/2022/02/16/131948378/wali-kota-makassar-danny-pomanto-sembuh-dari-covid-19-setelah-isoman-10

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke